Tujuan Tugas Besar :
- Mahasiswa dapat mengimplementasikan Aplikasi yang memenuhi konsep paradigma Pemrograman Berbasis Objek
Pembagian Kelompok :
- Tugas Besar PBO ini dikerjakan secara berkelompok dengan jumlah anggota setiap kelompok adalah 2-3 orang, dengan 1 orang yang merangkap sebagai ketua kelompok.
Mekanisme Pengerjaan : Scrum Framework Adaptation
see : this
- Tujuan : memperkenalkan mekanisme pengerjaan Tugas Besar agar pengerjaan dapat teratur dengan pembagian tugas yang jelas
- Sprint
- Sprint Adaptation
- Tahap pembangunan aplikasi
- Tiap tahap berdurasi 2-4 minggu
- Dalam jangka waktu tersebut proses Desain, Pengkodean, dan Testing dilaksanakan
- Tugas Besar akan diselesaikan dalam 3 Sprints
- Weekly Scrum
- Daily Scrum Adaptation
- Anggota kelompok berkumpul sekali dalam seminggu pada masa sprint (secara fisik, bukan online/virtual)
- Durasi pertemuan maksimal 15 menit, Disarankan selalu di tempat dan waktu yang sama
- Setiap anggota diharuskan menyebutkan 3 hal :
- Tugas apa yang dalam satu minggu ke belakang sudah dikerjakan
- Tugas apa yang akan dikerjakan dalam satu minggu ke depan
- Hambatan apa yang dirasakan dalam seminggu terakhir
- Bukan merupakan sesi problem solving untuk membahas masalah, hambatan atau mencari solusi
- Bertujuan agar setiap anggota mengetahui kondisi setiap anggota yang lain
Peran dan Tugas :
- Dosen ( Product Owner )
- Mendefinisikan fitur dari produk
- Menentukan tanggal rilis dan konten
- Menerima atau menolak hasil kerja
- Ketua Kelompok ( ScrumMaster )
- Tugas utama adalah untuk menghilangkan hambatan
- Memastikan bahwa anggota kelompok berfungsi penuh dan produktif
- Anggota kelompok ( Scrum Team )
- Cross–functional: Programmers, testers, user experience designers, etc.
- Asisten Dosen
- Memantau proses pengerjaan tugas besar
- Menilai pengerjaan secara individu dan kelompok berdasarkan pembagian tugas
- Asisten Praktikum
- Memberikan responsi terkait teknis aplikasi
Tools yang dapat digunakan/diperkenalkan :
- Code Repository ( Git )
- Penggunaan code repository agar version control dari aplikasi yang sedang dikerjakan dapat dipantau perubahan atau modifikasinya
- Code dapat terkumpul di satu tempat ( cloud )
- Anggota kelompok dapat melakukan modifikasi terhadap aplikasi tanpa harus secara manual mengirimkan hasil modifikasi ke aggota lain
- Tools yang dapat diperkenalkan : Github.com
- Dosen dan Asisten Dosen dapat melihat langsung hasil perkembangan aplikasi
- Team/Project Management tool
- Penggunaan team/project management tool agar kelompok dan penilai dapat melihat dan memantau proses pembagian tugas dan progres pengerjaan
- Tools yang dapat diperkenalkan : Trello.com
- Tiap kelompok akan dibuatkan 1 board yang berisi 3 daftar ( list ) : To Do, Doing, dan Done
- Member dari setiap board adalah Anggota Kelompok, Asisten Dosen, dan Dosen
- Dosen dan Asisten Dosen akan menuliskan tugas ( card ) ke dalam daftar To Do
- Ketua Kelompok dapat menugaskan card tertentu lebih spesifik kepada seorang anggota
- Anggota kelompok yang ingin mengerjakan suatu card diharuskan memindah card yang dimaksud dari daftar To Do ke Doing ( drag-and-drop )
- Anggota kelompok yang telah selesai mengerjakan suatu card diharuskan memindah card yang dimaksud dari daftar Doing ke Done
- Dosen, Asisten Dosen, dan anggota kelompok yang lain akan mendapatkan laporan ( notification ) setiap ada perubahan terhadap list ( pemindahan card )
- Tiap kelompok akan dibuatkan 1 board yang berisi 3 daftar ( list ) : To Do, Doing, dan Done
Topik Tugas Besar :
- Topik tugas besar dipilih dari daftar hasil Tugas Besar MK RPL:OOT 2014/2015.
Kelas diagram yang diberikan hanyalah bentuk sederhana - Perancangan sistem : spesifikasi minimum dan desain umum kelas diagram untuk setiap topik akan diberikan, kelompok diperbolehkan memberikan perubahan dengan catatan tidak merusak konsep PBO yang telah diberikan
- Daftar Topik dan Kelas Diagram Tugas Besar dapat dilihat di link berikut : bit.ly/TubesOOP2016
- Penentuan spesifikasi kebutuhan, fungsionalitas, proses bisnis, dan gambaran umum hasil jadi aplikasi diserahkan pada kesepakatanantara kelompok dengan dosen dan asisten
Proposal Tugas Besar :
- Format Proposal bebas dan rapi.
Sesuaikan dengan bentuk proposal yang sedang kalian pelajari di matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak - Proposal minimal mencakup :
- Lembar Judul
- Gambaran Umum Aplikasi
- Batasan Masalah
- Target dan Skenario User
- Perancangan Sistem :
- Kelas Diagram
- Rancangan Menu / Tampilan ( Mock Up Design )
Penilaian :
Penilaian Tugas Besar PBO kali ini dibagi menjadi 3 tahap, dengan detail sebagai berikut:
- Tahap Persiapan
- Periode : 15 – 20 Februari 16 ( Minggu 8 )
- Pemilihan Topik dan Judul.
- Proposal dikumpulkan di Loker Laboratorium Informatika
- Setiap Mahasiswa diharuskan membuat akun GitHub dan Trello, kemudian mendaftarkan Kelompoknya pada link berikut : bit.ly/ScrumOOP
- Pendaftaran kelompok dan Pengumpulan Proposal maksimal Senin, 22 Februari 2016 pukul 10.00
- Tahap 1 ( Sprint 1 )
- Periode : 15 Februari – 12 Maret 16 ( Minggu 8-11, potong minggu UTS )
- Penilaian : 40%
- Implementasi fungsionalitas hasil rancangan sistem (kelas diagram) yang telah disepakati
- Implementasi ke dalam bahasa pemrograman (disarankan) Java sesuai dengan kaidah-kaidah PBO. Penggunaan bahasa pemrograman lain dapat disesuaikan dengan kesepakatan masing-masing dosen kelas
- Penilaian dilakukan dengan proses scenario testing, dan mampu menjalankan semua fungsionalitas utama. Pada tahap ini tidak diperlukan proses input dari user
- Tahap 2 ( Sprint 2 )
- Periode : 14 – 26 Maret 16 ( Minggu 12-13 )
- Penilaian : 20%
- Perancangan dan Implementasi Console User Interface
- Pembuatan kelas aplikasi (konsol) yang berisi tampilan menu dan proses input user (command based)
- Penilaian dilakukan dengan test case user input dan diharapkan aplikasi dapat menjalankan seluruh fungsionalitas utama dan mengatasi segala bentuk kesalahan input user tanpa membuat aplikasi berhenti (crash)
- Tambahan (Optional) : Penyimpanan data ke dalam file menggunakan konsep Object Persistance
- Tahap 3 ( Sprint 3 )
- Periode : 28 Maret – 16 April 16 ( Minggu 14-16 )
- Penilaian : 30%
- Perancangan dan Implementasi Graphical User Interface
- Penerapan konsep Model-View-Control
- Penilaian dilakukan dengan test case user input dan diharapkan aplikasi dapat menjalankan seluruh fungsionalitas utama dan mengatasi segala bentuk kesalahan input user tanpa membuat aplikasi berhenti (crash)
- Tambahan (Optional) : aplikasi tidak diwajibkan terhubung ke basis data. Jika terhubung, maka proses penyimpanan dan pembacaan data harus memenuhi kaidah Object Persistance atau proses penyimpanan menggunakan ORM
- Presentasi
- Penilaian : 10%
- 18 April – 30 April 16 ( Minggu 17-18, potong libur persiapan UAS 28-30 April 16 )
- Presentasi tugas besar di hadapan tim penilai (dosen dan/atau asisten)
- Laporan akhir yang meliputi konten dari tahap 1 sampai 3
- Program mampu menjalankan semua fungsionalitas dan diimplementasikan sesuai dengan kaidah-kaidah PBO
- Penilaian :
- Proses presentasi
- Kesesuaian alur penggunaan program dengan bisnis proses yang telah dirancang
- Jumlah fungsionalitas yang sudah selesai dikerjakan
- Jumlah fungsionalitas yang menyebabkan error
Jadwal Kegiatan :
No | Tahap | Nilai | Kegiatan | Tanggal |
1 | Tahap Persiapan | – | Pemilihan Judul tugas besar | 15 – 20 Februari 2016 |
2 | Tahap 1 | 40% | Implementasi fungsionalitas hasil rancangan sistem (diagram kelas) | 15 Februari – 12 Maret 2016 |
UTS | 29 Februari – 9 Maret 2016 |
|||
3 | Tahap 2 | 20% | Perancangan dan Implementasi Console User Interface | 14 – 26 Maret 2016 |
4 | Tahap 3 | 30% | Perancangan dan Implementasi Graphical User Interface | 28 Maret – 16 April 2016 |
5 | Presentasi | 10% | Presentasi tugas besar di hadapan tim penilai (dosen dan/atau asisten) | 18 – 30 April 2016 |
6 | Penilaian | – | Kompilasi hasil Tugas Besar ke dosen koordinator | 2 – 14 Mei 2016 |
Tambahan :
- Penilaian pada setiap tahap tidak mempengaruhi penilaian pada tahap-tahap sebelumnya
- Mekanisme teknis pengumpulan atau penilaian hasil Tugas Besar per tahap diserahkan ke dosen masing-masing
Referensi :
- https://toggl.com/developer-methods-infographic
- http://sebastien.saunier.me/blog/2014/04/21/practical-example-of-using-git-in-a-school.html
- http://martinfowler.com/eaaCatalog/repository.html
- https://github.com/
- https://education.github.com/
- https://www.codeschool.com/courses/mastering-github
- https://trello.com/
- http://romisatriawahono.net/2013/12/12/metode-mengelola-penelitian-tesis-mahasiswa/