Close

Mekanisme Tugas Besar PBO 2015/2016

Tujuan Tugas Besar :

  • Mahasiswa dapat mengimplementasikan Aplikasi yang memenuhi konsep paradigma Pemrograman Berbasis Objek

Pembagian Kelompok :

  • Tugas Besar PBO ini dikerjakan secara berkelompok dengan jumlah anggota setiap kelompok adalah 2-3 orang, dengan 1 orang yang merangkap sebagai ketua kelompok.

Mekanisme Pengerjaan : Scrum Framework Adaptation

see : this

  • Tujuan : memperkenalkan mekanisme pengerjaan Tugas Besar agar pengerjaan dapat teratur dengan pembagian tugas yang jelas
  • Sprint
    • Sprint Adaptation
    • Tahap pembangunan aplikasi
    • Tiap tahap berdurasi 2-4 minggu
    • Dalam jangka waktu tersebut proses Desain, Pengkodean, dan Testing dilaksanakan
    • Tugas Besar akan diselesaikan dalam 3 Sprints
  • Weekly Scrum
    • Daily Scrum Adaptation
    • Anggota kelompok berkumpul sekali dalam seminggu pada masa sprint (secara fisik, bukan online/virtual)
    • Durasi pertemuan maksimal 15 menit, Disarankan selalu di tempat dan waktu yang sama
    • Setiap anggota diharuskan menyebutkan 3 hal :
      • Tugas apa yang dalam satu minggu ke belakang sudah dikerjakan
      • Tugas apa yang akan dikerjakan dalam satu minggu ke depan
      • Hambatan apa yang dirasakan dalam seminggu terakhir
    • Bukan merupakan sesi problem solving untuk membahas masalah, hambatan atau mencari solusi
    • Bertujuan agar setiap anggota mengetahui kondisi setiap anggota yang lain

Peran dan Tugas :

  • Dosen ( Product Owner )
    • Mendefinisikan fitur dari produk
    • Menentukan tanggal rilis dan konten
    • Menerima atau menolak hasil kerja
  • Ketua Kelompok ( ScrumMaster )
    • Tugas utama adalah untuk menghilangkan hambatan
    • Memastikan bahwa anggota kelompok berfungsi penuh dan produktif
  • Anggota kelompok ( Scrum Team )
    • Crossfunctional: Programmers, testers, user experience designers, etc.
  • Asisten Dosen
    • Memantau proses pengerjaan tugas besar
    • Menilai pengerjaan secara individu dan kelompok berdasarkan pembagian tugas
  • Asisten Praktikum
    • Memberikan responsi terkait teknis aplikasi

Tools yang dapat digunakan/diperkenalkan :

  • Code Repository ( Git )
    • Penggunaan code repository agar version control dari aplikasi yang sedang dikerjakan dapat dipantau perubahan atau modifikasinya
    • Code dapat terkumpul di satu tempat ( cloud )
    • Anggota kelompok dapat melakukan modifikasi terhadap aplikasi tanpa harus secara manual mengirimkan hasil modifikasi ke aggota lain
    • Tools yang dapat diperkenalkan : Github.com
    • Dosen dan Asisten Dosen dapat melihat langsung hasil perkembangan aplikasi
  • Team/Project Management tool
    • Penggunaan team/project management tool agar kelompok dan penilai dapat melihat dan memantau proses pembagian tugas dan progres pengerjaan
    • Tools yang dapat diperkenalkan : Trello.com
      • Tiap kelompok akan dibuatkan 1 board yang berisi 3 daftar ( list ) : To Do, Doing, dan Done
      • Member dari setiap board adalah Anggota Kelompok, Asisten Dosen, dan Dosen
      • Dosen dan Asisten Dosen akan menuliskan tugas ( card ) ke dalam daftar To Do
      • Ketua Kelompok dapat menugaskan card tertentu lebih spesifik kepada seorang anggota
      • Anggota kelompok yang ingin mengerjakan suatu card diharuskan memindah card yang dimaksud dari daftar To Do ke Doing ( drag-and-drop )
      • Anggota kelompok yang telah selesai mengerjakan suatu card diharuskan memindah card yang dimaksud dari daftar Doing ke Done
      • Dosen, Asisten Dosen, dan anggota kelompok yang lain akan mendapatkan laporan ( notification ) setiap ada perubahan terhadap list ( pemindahan card )

Topik Tugas Besar :

  • Topik tugas besar dipilih dari daftar hasil Tugas Besar MK RPL:OOT 2014/2015.
    Kelas diagram yang diberikan hanyalah bentuk sederhana
  • Perancangan sistem : spesifikasi minimum dan desain umum kelas diagram untuk setiap topik akan diberikan, kelompok diperbolehkan memberikan perubahan dengan catatan tidak merusak konsep PBO yang telah diberikan
  • Daftar Topik dan Kelas Diagram Tugas Besar dapat dilihat di link berikut : bit.ly/TubesOOP2016
  • Penentuan spesifikasi kebutuhan, fungsionalitas, proses bisnis, dan gambaran umum hasil jadi aplikasi diserahkan pada kesepakatanantara kelompok dengan dosen dan asisten

Proposal Tugas Besar :

  • Format Proposal bebas dan rapi.
    Sesuaikan dengan bentuk proposal yang sedang kalian pelajari di matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak
  • Proposal minimal mencakup :
    • Lembar Judul
    • Gambaran Umum Aplikasi
    • Batasan Masalah
    • Target dan Skenario User
    • Perancangan Sistem :
      • Kelas Diagram
      • Rancangan Menu / Tampilan ( Mock Up Design )

Penilaian :

Penilaian Tugas Besar PBO kali ini dibagi menjadi 3 tahap, dengan detail sebagai berikut:

  1. Tahap Persiapan
    • Periode : 15 – 20 Februari 16 ( Minggu 8 )
    • Pemilihan Topik dan  Judul.
    • Proposal dikumpulkan di Loker Laboratorium Informatika
    • Setiap Mahasiswa diharuskan membuat akun GitHub dan Trello, kemudian mendaftarkan Kelompoknya pada link berikut : bit.ly/ScrumOOP
    • Pendaftaran kelompok dan Pengumpulan Proposal maksimal Senin, 22 Februari 2016 pukul 10.00
  1. Tahap 1 ( Sprint 1 )
    • Periode : 15 Februari – 12 Maret 16 ( Minggu 8-11, potong minggu UTS )
    • Penilaian : 40%
    • Implementasi fungsionalitas hasil rancangan sistem (kelas diagram) yang telah disepakati
    • Implementasi ke dalam bahasa pemrograman (disarankan) Java sesuai dengan kaidah-kaidah PBO. Penggunaan bahasa pemrograman lain dapat disesuaikan dengan kesepakatan masing-masing dosen kelas
    • Penilaian dilakukan dengan proses scenario testing, dan mampu menjalankan semua fungsionalitas utama. Pada tahap ini tidak diperlukan proses input dari user
  1. Tahap 2 ( Sprint 2 )
    • Periode : 14 – 26 Maret 16 ( Minggu 12-13 )
    • Penilaian : 20%
    • Perancangan dan Implementasi Console User Interface
    • Pembuatan kelas aplikasi (konsol) yang berisi tampilan menu dan proses input user (command based)
    • Penilaian dilakukan dengan test case user input dan diharapkan aplikasi dapat menjalankan seluruh fungsionalitas utama dan mengatasi segala bentuk kesalahan input user tanpa membuat aplikasi berhenti (crash)
    • Tambahan (Optional) : Penyimpanan data ke dalam file menggunakan konsep Object Persistance
  1. Tahap 3 ( Sprint 3 )
    • Periode : 28 Maret – 16 April 16 ( Minggu 14-16 )
    • Penilaian : 30%
    • Perancangan dan Implementasi Graphical User Interface
    • Penerapan konsep Model-View-Control
    • Penilaian dilakukan dengan test case user input dan diharapkan aplikasi dapat menjalankan seluruh fungsionalitas utama dan mengatasi segala bentuk kesalahan input user tanpa membuat aplikasi berhenti (crash)
    • Tambahan (Optional) : aplikasi tidak diwajibkan terhubung ke basis data. Jika terhubung, maka proses penyimpanan dan pembacaan data harus memenuhi kaidah Object Persistance atau proses penyimpanan menggunakan ORM
  1. Presentasi
    • Penilaian : 10%
    • 18 April – 30 April 16 ( Minggu 17-18, potong libur persiapan UAS 28-30 April 16 )
    • Presentasi tugas besar di hadapan tim penilai (dosen dan/atau asisten)
    • Laporan akhir yang meliputi konten dari tahap 1 sampai 3
    • Program mampu menjalankan semua fungsionalitas dan diimplementasikan sesuai dengan kaidah-kaidah PBO
    • Penilaian :
      1. Proses presentasi
      2. Kesesuaian alur penggunaan program dengan bisnis proses yang telah dirancang
      3. Jumlah fungsionalitas yang sudah selesai dikerjakan
      4. Jumlah fungsionalitas yang menyebabkan error

Jadwal Kegiatan :

No Tahap Nilai Kegiatan Tanggal
1 Tahap Persiapan Pemilihan Judul tugas besar 15 – 20 Februari 2016
2 Tahap 1 40% Implementasi fungsionalitas hasil rancangan sistem (diagram kelas) 15 Februari –
12 Maret 2016
UTS 29 Februari –
9 Maret 2016
3 Tahap 2 20% Perancangan dan Implementasi Console User Interface 14 – 26 Maret 2016
4 Tahap 3 30% Perancangan dan Implementasi Graphical User Interface 28 Maret –
16 April 2016
5 Presentasi 10% Presentasi tugas besar di hadapan tim penilai (dosen dan/atau asisten) 18 – 30 April 2016
6 Penilaian Kompilasi hasil Tugas Besar ke dosen koordinator 2 – 14 Mei 2016

 


 

Tambahan :

  • Penilaian pada setiap tahap tidak mempengaruhi penilaian pada tahap-tahap sebelumnya
  • Mekanisme teknis pengumpulan atau penilaian hasil Tugas Besar per tahap diserahkan ke dosen masing-masing

Referensi :

 

Leave a Reply

© 2021 Anditya's blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.